Penulis Utama : Febri Tri Budi Satriya
NIM / NIP : K7111070
×

ABSTRAK
Febri Tri Budi Satriya. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN METODE PENUGASAN PADA SISWA KELAS II SDN KARANGASEM 3 TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dengan metode penugasan pada siswa kelas II SDN Karangasem 3 tahun ajaran 2014/2015.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Karangasem 3 yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Analisis data yang diguanakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Kemudaian batas nilai ketuntasan menulis permulaan ini sebesar 70.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas tes keterampilan menulis permulaan pada prasiklus adalah 66,2 dengan ketuntasan klasikal mencapai 41,93%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas tes keterampilan menulis permulaan meningkat menjadi 73,5 dengan ketuntasan klasikal mencapai 67,74%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas tes keterampilan menulis permulaan meningkat lagi menjadi 77,59 dengan ketuntasan klasikal mencapai 77,41%.
Simpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis permulaan dapat meningkat melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dengan metode penugasan pada siswa kelas II SDN Karangasem 3 tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: menulis, keterampilan menulis permulaan, Student Team Achievement Divisions.

 

×
Penulis Utama : Febri Tri Budi Satriya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111070
Tahun : 2015
Judul : PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN METODE PENUGASAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SDN Karangasem 3 No. 181 Surakarta Tahun Ajaran 2014/201
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP Jur. Ilmu Pendidikan/PGSD-K.7111070-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Amir, M.Pd,
2. Dra. Hadiyah, S.Pd, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.