Penulis Utama : Wahyu Kurniawan
NIM / NIP : S851402068
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang diberi model kooperatif tipe Co-op Co-op dengan pendekatan saintifik, DL dengan pendekatan saintifik, atau PBL dengan pendekatan saintifik (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang memiliki kreativitas belajar matematika tinggi, sedang atau rendah (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah (4) pada masing-masing kategori kreativitas belajar matematika, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan pendekatan saintifik, DL dengan pendekatan saintifik, atau PBL dengan pendekatan saintifik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Ngawi. Pengambilan Sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 249 siswa. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan uji Chi Kuadrat. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.
Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Prestasi balajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran DL dan PBL dengan pendekatan saintifik, sedangkan siswa yang dikenai model pembelajaran DL dengan pendekatan saintifik sama baiknya dengan model pembelajaran PBL dengan pendekatan sainifik. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika sedang dan rendah, sedangkan siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika sedang lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika rendah. (3) Model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan pendekatan saintifik, prestasi belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar matematika tinggi, sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar yang sama, pada model pembelajaran DL dengan pendekatan saintifik siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai kreativitas belajar sedang, sedangkan siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi dan sedang menghasilkan prestasi belajar
matematika lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah, pada model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik siswa yang mempunyai kreativitas tinggi dan rendah menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai kreativitas belajar sedang, sedangkan siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah. (4) Siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi dan sedang yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan pendekatan saintifik, DL dengan pendekatan saintifik dan PBL dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya, Pada siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan pendekatan saintifik menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran DL dengan pendekatan saintifik, sedangkan siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran DL dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran PBLdengan pendekatan saintifik.
Kata kunci: Co-op Co-op, DL, PBL, Pendekatan Saintifik, Kreativitas Belajar Siswa

 

×
Penulis Utama : Wahyu Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851402068
Tahun : 2015
Judul : Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op, discovery learning dan problem based learning dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa kelas viii smp negeri se-kabupaten Ngawi pada materi bangun ruang sisi datar tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S.851402068-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si
2. Drs. Isnandar Slamet, M.Sc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.