Penulis Utama : Menik Yenny Astuti
NIM / NIP : K5111036
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Mnemonik terhadap peningkatan prestasi belajar IPS Materi Kerajaan Hindu Budha Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IX Semester I di SLB/A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A-B, yaitu mengukur fase baseline I tanpa adanya penggunaan model pembelajaran Mnemonik, kemudian dilanjutkan dengan mengukur fase Intervensi I melalui penggunaan model pembelajaran Mnemonik, selanjutnya masing-masing kondisi tersebut diulang kembali pada subjek yang sama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas IX di SLB/A YKAB Surakarta yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes yang berbentuk pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif komparatif.
Dari hasil analisi dapat diperoleh nilai masing-masing subjek yaitu paada fase Baseline 1 subjek NBR mendapat nilai 40, subjek TRN mendapat nilai 30, dan YVA mendapat nilai 40. Pada fase intervensi 1 nilai masing-masing subjek mengalami peningkatan yaitu NBR mendapat nilai 90, TRN mendapat nilai 30 dan YVA mendapat nilai 40. Sedangkan pada fase Baseline 2 masing-masing nilai subjek mengalami penurunan yaitu NBR mendapat nilai 50, TRN mendapat nilai 40, dan YVA mendapat nilai 50. Perlakuan model pembelajaran Mnemonik kembali diberikan pada fase intervensi 2 dan masing-masing nilai subjek kembali mengalami peningkatan yaitu NBR mendapat nilai 100, TRN mendapat nilai 70, dan YVA mendapat nilai 90.
Simpulan penelitian ini bahwa model pembelajaran Mnemonik berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar IPS Materi Kerajaan Hindu Budha siswa tunagrahita ringan kelas IX di SLB/A YKAB Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci : tunagrahita ringan, prestasi belajar IPS, model pembelajaran mnemon

 

×
Penulis Utama : Menik Yenny Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5111036
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh penggunaan model pembelajaran mnemonik terhadap peningkatan prestasi belajar ips materi kerajaan hindu budha siswa tunagrahita ringan kelas ix semester i di slb/a ykab Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5111036-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si
2. Drs. Maryadi, M.Ag
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.