Penulis Utama : Lia Septy Nirawati
NIM / NIP : S851402032
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TAI, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, atau model pembelajaran langsung pada materi persamaan dan pertidaksamaan; 2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan gaya belajar tipe visual, auditorial, atau kinestetik pada materi persamaan dan pertidaksamaan; 3) pada masing-masing tipe Gaya Belajar, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang dikenai model pembelajaran TAI, model pembelajaran TGT, atau model pembelajaran langsung; 4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa tipe visual, auditorial, atau kinestetik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Se-Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan angket Gaya Belajar. Sebelum digunakan untuk pengumpulan data, instrumen tes dan angket telah diuji cobakan terlebih dahulu. Penilaian validitas isi dilakukan oleh validator. Uji Reliabilitas instrumen angket menggunakan rumus Cronbach alpha dan uji konsistensi internal menggunakan rumus korelasi momen produk dari Karl Pearson. Uji reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus KR-20 dan daya pembeda menggunakan rumus korelasi momen produk dari Karl Pearson. Uji keseimbangan menggunakan uji Anava satu jalan. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan metode uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Barttlet. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anava dua jalan dengan sel tak sama.
Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TAI lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TGT dan langsung pada materi persamaan dan pertidaksamaan, prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TGT lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran langsung pada materi persamaan dan pertidaksamaan. 2) Prestasi belajar matematika siswa tipe visual lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa tipe auditorial maupun kinestetik pada materi persamaan dan pertidaksamaan dan prestasi belajar siswa tipe auditorial lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa kategori kinestetik pada materi persamaan dan pertidaksamaan. 3) Pada siswa tipe visual, siswa yang dikenai model pembelajaran TAI lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran TGT maupun langsung dan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TGT
sama dengan siswa yang dikenai model pembelajaran langsung; pada siswa tipe auditorial, siswa yang dikenai model pembelajaran TAI lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran TGT maupun langsung dan siswa yang dikenai model pembelajaran TGT lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung; pada siswa tipe kinestetik, siswa yang dikenai model pembelajaran TAI, TGT, dan langsung mempunyai prestasi belajar matematika yang sama. 4) Pada model pembelajaran TAI, prestasi belajar matematika siswa tipe visual, auditorial dan kinestetik mempunyai prestasi belajar yang sama; pada model pembelajaran TGT, prestasi belajar matematika siswa kategori visual, auditorial dan kinestetik mempunyai prestasi belajar yang sama; pada model pembelajaran langsung, prestasi belajar matematika siswa tipe visual, auditorial dan kinestetik mempunyai prestasi belajar yang sama.
Kata Kunci: TAI, TGT, Model Pembelajaran Langsung, Gaya Belajar, Prestasi Belajar Matematika

 

×
Penulis Utama : Lia Septy Nirawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851402032
Tahun : 2016
Judul : Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe team-assisted individualization (tai) dan teams games tournaments (tgt) pada materi persamaan dan pertidaksamaan ditinjau dari gaya belajar siswa kelas x smk se-kabupaten ngawi tahun 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S.851402032-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K, M.Sc, Ph.D
2. Dr. Imam Sujadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.