Penulis Utama : Fitri Choerunnisa
NIM / NIP : K7112090
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R); (2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R); dan (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber yang berasal dari siswa kelas V, observer, guru kelas V dan dokumen, serta triangulasi teknik yang terdiri dari teknik tes dan nontes (observasi, wawancara, dan dokumentasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan metode SQ3R sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya yaitu: (a) Survey; (b) Question; (c) Read; (d) Recite; dan (e) Review; (2) Penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016, dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan nilai keterampilan membaca pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 62,83%, pada siklus II sebesar 79,11% dan pada siklus III sebesar 91,71%; (3) Kendala yang dihadapi, yaitu: (a) siswa kurang memanfaatkan kesempatan dengan baik untuk bertanya pada guru tentang hal-hal yang belum dipahami; (b) siswa kurang aktif atau ramai sendiri dalam melakukan diskusi; dan (c) waktu yang dibutuhkan cukup lama karena untuk membaca menggunakan metode SQ3R harus melalui beberapa langkah yaitu survey, question, read, recite, review. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru memotivasi siswa agar bertanya apabila ada hal yang belum dipahami; (b) guru memotivasi siswa agar aktif dalam melakukan diskusi; dan (c) guru mengatur waktu pembelajaran seefisien mungkin. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: keterampilan membaca pemahaman, SQ3R

×
Penulis Utama : Fitri Choerunnisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112090
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bagi Siswa Kelas V SD N 3 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kip - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kip Jur.Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7112090-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Triyono, M.Pd,
2. Drs. Joharman, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.