Penulis Utama : Haniah
NIM / NIP : K1212035
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) unsur intrinsik yang ada di dalam novel, 2) kondisi kejiwaan tokoh, 3) nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel, dan 4) relevansinya dengan materi ajar pembelajaran apresiasi sastra di SMA.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi yang dilakukan selama enam bulan, terhitung sejak bulan November 2015 hingga April 2016. Sumber data berasal dari teks novel Bulan Nararya dan hasil wawancara sastrawan/ dosen, guru, dan siswa. Peneliti dan pedoman wawancara adalah instrumen yang digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan datanya berupa teknik catat dan wawancara terstruktur. Teknik pengambilan subjek penelitian dengan purposive sampling. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis isi yang terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi data. Prosedur penelitiannya terdiri dari perumusan pendahuluan, pengesahan proposal penelitian, perizinan penelitian, analisis data, validitas data, pembahasan, penulisan laporan, dan pengujian hasil penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Novel Bulan Nararya memiliki kelengkapan unsur intrinsik yang terdiri dari 7 unsur, 2) gejala perilaku yang timbul pada tokoh mengindikasikan bahwa Nararya mengalami gangguan kejiwaan yang disebut depresi 3) terdapat 13 nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Bulan Nararya, dan 4) novel Bulan Nararya relevan dengan materi ajar pembelajaran apresiasi sastra di SMA karena banyak memberikan pesan moral.
Kata kunci: unsur intrinsik, kejiwaan, karakter, materi ajar  
ABSTRACT
This research aims to describe 1) intrinsic aspects of the novel, 2) psychological state of the characters, 3) the values of character education the novel has within it, and 4) its relevance with teaching materials of literature appreciation in high school.
This is a qualitative research with content analysis approach conducted over six months from November 2015 until April 2016. Data were taken from the text of the novel Bulan Nararya and interview results with writers/ lecturers, teachers, and students. The researcher and interviewing guide were the instrument used in the research. Data were collected by means of noting and structured interview. Subject of the research was chosen through purposive sampling. To test data validity, triangulation of the source was conducted. Data were analyzed using content analysis technique consisting of data reduction, data display, and data verification. The procedures of the research included preliminary problem identification, research proposal validation, research licensing, data analysis, data validation, discussion, report construction, and testing research findings.
The results of this research were 1) the novel Bulan Nararya had complete intrinsic aspect consisting of 7 features; 2) behaviors performed by the characters showed that Nararya had psychological issue that namely depression; 3) the novel Bulan Nararya contained 13 points of character education values; and 4) the novel Bulan Nararya was relevant with the teaching material of literature appreciation in high school since it gave many moral messages.
Keywords: intrinsic aspects, psychology, character, teaching material 

×
Penulis Utama : Haniah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212035
Tahun : 2016
Judul : Analisis Kejiwaan dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Bulan Nararya Karya Sinta Yudisia Serta Relevansinya dengan Materi Ajar dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA (Kajian Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1212035-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suyitno, M.Pd
2. Prof. Dr. Andayani, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.