Penulis Utama : Nisa’ A’fifatul Azizah
NIM / NIP : K1211041
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  dan  menjelaskan  (1)  unsur
intrinsik  novel  Rantau  1 Muara  karya  Ahmad  Fuadi;  (2) kondisi  psikis  tokoh  yang digambarkan dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi menurut teori Sigmund Freud; (3) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Rantau  1 Muara karya Ahmad Fuadi; (4) relevansi novel Rantau 1 Muara  karya Ahmad Fuadi sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan psikologi sastra. Sampel dalam penelitian ini adalah guru materi pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas XII dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi teori. Analisis data menggunakan  teknik analisis mengalir yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian adalah (1) unsur-unsur intrinsik yang membangun novel Rantau
1 Muara yaitu tema, penokohan, plot/ alur, latar/ setting, dan sudut pandang pengarang; (2) kondisi kejiwaan yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam novel Rantau 1 Muara dipengaruhi  oleh  tiga  unsur  yaitu  id,  ego,  dan  superego;  (3)  nilai-nilai  pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Rantau 1 Muara  ada 13 nilai diantaranya religius, jujur, toleransi,  disiplin,  kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, semangat  kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/ komunikasi, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab;  (4)  novel  Rantau  1  Muara   dapat  digunakan  sebagai  alternatif  materi  ajar apresiasi sastra di SMA.

 

×
Penulis Utama : Nisa’ A’fifatul Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211041
Tahun : 2018
Judul : Kajian Psikologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra Di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia-K 1211041-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Herman J. Waluyo, M.Pd.,
2. Chafit Ulya, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.