Penulis Utama : Ridho Aji Perdana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214050
Tahun : 2018
Judul : Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Pajang Karya Wawan Susetya serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1214050-2018
Subyek : SOSIOLOGI SASTRA, RESEPSI SASTRA, NOVEL, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, RELEVANSI MATERI AJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian tentang novel ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecintaan dan sikap menghargai sastra, pentingnya pendidikan karakter bagi siswa, dan pengetahuan budaya dan kearifan lokal yang perlu dikembangkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan:  (1) latar belakang sosial pengarang novel Pajang; (2) latar belakang sosiologis novel Pajang karya Wawan Susetya; (3) tanggapan pembaca terhadap novel Pajang karya Wawan Susetya; (4) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Pajang karya Wawan Susetya; dan (5) relevansi novel Pajang karya Wawan Susetya sebagai materi pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini menggunakan sebuah kajian sosiologi sastra, yaitu memanfaatkan cara-cara penafsiran dengan menyajikannya dalam bentuk deskripsi. Teknik sampling yang digunakan dalam peneltian ini adalah purposive sampling, yaitu melakukan pengambilan data sesuai dengan kepentingan peneliti dan memiliki hubungan dengan tujuan penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu dokumen dan informan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis model mengalir yang terdiri dari:  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang:  (1) latar belakang sosial pengarang novel Pajang yaitu meliputi aspek ras, saat (momen), dan lingkungan (milieu); (2) latar belakang sosiologis novel Pajang karya Wawan Susetya meliputi kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratifikasi, dan kekuasaan; (3) tanggapan pembaca terhadap novel Pajang karya Wawan Susetya; (4) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Pajang karya Wawan Susetya meliputi sifat religius, toleransi, kerja keras, demokratif, rasa ingin tau, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, dan tanggung jawab; (5) relevansi novel Pajang karya Wawan Susetya sebagai materi pembelajaran sastra di SMA yang disesuaikan dengan aspek isi/materi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek kegrafikan.

Kata Kunci : sosiologi sastra, resepsi sastra, novel, nilai pendidikan karakter, relevansi materi ajar

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP