Penulis Utama : Rahayu Agustiani
NIM / NIP : K7112537
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan kelas kolaboratif ini adalah : (1) mendes-kripsikan langkah-langkah penerapan   pendekatan induktif dengan media kon-kret, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang persegi dan persegi panjang,  (3) menemukan kendala dan solusi yang dihadapi pada penerapan pen-dekatan induktif dengan media konkret.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 2 Karangsari tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validasi data penelitian meng- gunakan triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif dan data kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) proses penerapan pendekatan induktif dengan media konkret dalam peningkatan pemebalajaran matematika tentang persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN 2 Karangsari tahun ajaran 2015/2016, yaitu : (a) memilih dan menentukan bagian dari pengetahuan (konsep), (b) menyajikan contoh spesifik yang memungkinkan siswa membuat kesimpulan sementara, (c) memberikan contoh tambahan untuk menyangkal atau membenarkan hipotesis, (d) menyusun kesimpulan berupa rumus matematika, (2) penerapan pendekatan induktif dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika dengan persentase ketuntasan pada siklus I adalah 43,5%. Siklus II adalah 81,65%, dan siklus III adalah 91,50%, dan (3) kendala pelaksanaan yaitu siswa belum bisa membuat kesimpulan. Adapun solusinya yaitu membimbing siswa membuat kesimpulan.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan induktif dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN 2 Karangsari tahun ajaran 2015/2016. Adapun kendala dalam penerapan pendekatan induktif dengan media konkret adalah siswa belum bisa membuat kesimpulan, dan solusinya yaitu membimbing siswa membuat kesimpulan.

 

Kata kunci : Pendekatan Induktif, media konkret, pembelajaran, matematika

×
Penulis Utama : Rahayu Agustiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112537
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Pendekatan Induktif dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Persegi dan Persegi Panjang pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Karangsari Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7112537-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd
2. Drs. Joharman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.