Penulis Utama : Sri Khajati
NIM / NIP : K7113210
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret, (2) meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Karangsari yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Analisis data kuantitatif dan kualitatif dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karangsari tahun ajaran 2016/2017, yaitu pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 79,17%, kemudian meningkat menjadi 90,48% pada siklus II dan menjadi 95,65% pada siklus III.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dilakukan melalui lima langkah, yaitu: (a) mengamati dengan alat bantu media konkret, (b) menanya dengan alat bantu media konkret, (c) mencoba dengan alat bantu media konkret, (d) menalar dengan alat bantu media konkret, dan (e) mengkomunikasikan dengan alat bantu media konkret, (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika, dan (3) kendala dalam penelitian ini yaitu (a) tidak ada siswa yang bertanya, sedikitnya kesempatan siswa untuk bertanya, dan (b) pelaksanaan pembelajaran melebihi waktu yang telah ditentukan. Solusi yang diberikan yaitu: (a) guru lebih memotivasi siswa agar mau bertanya dan memberikan kesempatan yang banyak kepada siswa untuk bertanya serta (b) guru memperhatikan kembali alokasi waktu agar pembelajaran dapat selesai tepat waktu.

Kata kunci: Saintifik, media konkret, Matematika.

 

×
Penulis Utama : Sri Khajati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113210
Tahun : 2017
Judul : Penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karangsari tahun ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7113210-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joharman, M.Pd.,
2. Drs. Ngatman, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.