Penulis Utama : Ikhwan Pamuji
NIM / NIP : K7113104
×

Abstrak
Tujuan  penelitian  ini  yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model RME dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SDN 1 Pejagoan tahun ajaran 2016/2017, (2) meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar melalui penerapan model RME dengan media konkret pada siswa kelas V SDN 1 Pejagoan tahun ajaran 2016/2017, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model RME dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SDN 1 Pejagoan tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  V SDN  1 Pejagoan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah  31  siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  penerapan model RME dengan media konkret dilaksanakan melalui  lima  langkah,  yaitu:  (a)  memahami  masalah  kontekstual  dengan memperkenalkan media konkret; (b) menjelaskan  masalah  kontekstual  menggunakan  media konkret disertai tanya jawab; (c) menyelesaikan masalah kontekstual menggunakan media konkret; (d) membandingkan, mendiskusikan, dan melengkapi  jawaban;  (e)  menyimpulkan; (2) penerapan model RME dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN  1 Pejagoan tahun ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan peningkatkan ketuntasan hasil belajar, yaitu siklus I 74,25%, siklus II 82,25%, dan siklus III 88,7%; (3) kendala pada penerapan model RME dengan media konkret yaitu: (a) guru belum meminta siswa untuk lebih aktif dalam penggunaan media konkret (b) siswa tidak tertib dan tenang saat berdiskusi maupun dalam penjelasan materi, (c) siswa kurang aktif bertanya dalam menanggapi presentasi. Solusinya yaitu: (a) guru hendaknya meminta siswa untuk lebih aktif dalam penggunaan media konkret, (b) siswa diminta tertib dan tenang saat berdiskusi maupun dalam penjelasan materi, (c) siswa diminta aktif bertanya dalam menanggapi presentasi.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model RME dengan media konkret secara tepat dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SDN 1 Pejagoan Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci : RME, media konkret, Matematika

 

×
Penulis Utama : Ikhwan Pamuji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113104
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Realistic Matematics Education (Rme) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN 1 Pejagoan Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7113104-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M.Pd
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.