Penulis Utama : Hikmah Hertantiani
NIM / NIP : K7112520
×

ABSTRAK

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media visual; (2) untuk meningkatkan hasil belajar IPS; dan (3) mendiskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi pada penerapan pendekatan saintifik dengan media visual.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Watuduwur tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan saintifik dilaksanakan melalui lima langkah, yaitu: (a) mengamati dengan media visual, (b) menanya dengan media visual, (c) mencoba dengan media visual, (d) menalar dengan media visual, dan (e) mengkomunikasikan. (2) Penerapan pendekatan saintifik dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dapat dibuktikan persentase ketuntasan hasil belajar dengan KKM ≥ 70 pada pada siklus I sebesar 74,35%, siklus II 82,60%, dan siklus III 88,60%.  (3) Kendala penerapan pendekatan saintifik dengan media visual yaitu: (a) siswa kurang fokus memperhatikan penjelasan guru, (b) siswa tidak berdiskusi dengan baik sehingga pekerjaan kelompok tidak selesai tepat waktu, dan (c) siswa kurang tertib saat melaksanakan kegiatan mencoba. Solusinya yaitu: (a) memfokuskan perhatian siswa dan menegur siswa yang tidak memperhatikan, (b) memotivasi siswa agar berdiskusi dengan baik dan memperhatikan alokasi waktu, dan (c) memantau kegiatan mencoba secara menyeluruh dan menegur siswa yang tidak tertib.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan pendekatan saintifik dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang perjuangan para tokoh mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri Watuduwur tahun ajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: pendekatan saintifik, media visual, IPS

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:IN;} </style>

×
Penulis Utama : Hikmah Hertantiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112520
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Visual dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Para Tokoh Mempersiapkan Kemerdekaan pada Siswa Kelas V SD Negeri Watuduwur Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7112520-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd.
2. Dr. Rokhmaniah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.