Penulis Utama : Diky Zulkarnain As Syarif
NIM / NIP : K7114037
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan memecahkan masalah melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerepan pendekatan saintifik dengan media konkret dalam peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika tentang bangun ruang di kelas IV SDN 2 Klapasawit tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan enam kali pertemuan. Pada tiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 2 Kapasawit yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data  pada  penelitian  ini,  yaitu: observasi,  wawancara,  dan  tes.  Validitas  data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Validitas isi menggunakan kisi-kisi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret yaitu; (a) mengamati, (b) menanya, (c) mencoba, (d) menalar, dan (e) mengomunikasikan data, (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah tentang bangun ruang pada siswa yang dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I = 78%, siklus II = 82%, dan siklus III = 90%, (3)  kendala  pelaksanaan  penelitian  ini  yaitu: (a)  siswa  belum  memperhatikan penjelasan guru dengan sungguh-sungguh, (b) siswa masih beum aktif dalam bertanya  dan menanggapi hasil diskusi. Solusinya yaitu : (a) guru mengajak siswa untuk memperhatikan dengan sungguh-sungguh, (b) memberi jeda waktu menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling memaparkan hasil diskusi agar siswa menjadi lebih aktif bertanya dan menanggapi hasil diskusi.

Simpulan  penelitian  ini  adalah  penerapan  pendekatan  saintifik  dengan media  konkret  dapat  meningkatkan  kemampuan  memecahkan  masalah  pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 2 Klapasawit tahun ajaran 2017/2018

×
Penulis Utama : Diky Zulkarnain As Syarif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114037
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Konkret dalam Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Pembelajaran Matematika Tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Klapasawit Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joharman M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.