Penulis Utama : Mayarta
NIM / NIP : S861408031
×

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui (1) proses pembelajaran menggunakan model PBL dengan media film dokumenter pergerakan kebangsaan pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Surakarta, (2) penggunaan model PBL dalam pembelajaran IPS dengan media film dokumenter pergerakan kebangsaan dapat meningkatkan sikap nasionalisme pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Surakarta, (3) penggunaan model PBL dalam pembelajaran IPS dengan media film dokumenter pergerakan kebangsaan dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Surakarta.
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode classroom action reasearch dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Surakarta. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar yang meliputi aktivitas siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar, sikap nasionalisme dan prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan model PBL dengan media film dokumenter pergerakan kebangsaan pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 yang dilaksanakan dalam tiga siklus dapat (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga aktivitas belajar mengajar menjadi lebih hidup, serius dan menyenangkan. Siswa yang aktif bertanya dari siklus 1 sampai siklus 3 mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari skor aktivitas siswa dalam pembelajaran yang mengalami peningkatan pada setiap siklus dari rata-rata 31,5 menjadi 39,5 dan akhirnya 40. (2) sikap nasionalisme yang diambil dari data angket mengalami peningkatan dari prasiklus dengan rata-rata 70, siklus 1 meningkat menjadi 78, siklus 2 meningkat lagi menjadi 80 dan makin meningkat pada siklus 3 yaitu 83. (3) meningkatkan prestasi belajar siswa, terbukti dengan kondisi awal nilai yang mencapai KKM 50%  pada siklus 1 meningkat menjadi 68,8%, pada siklus 2 menjadi 71,8% dan makin meningkat pada siklus 3 sebesar 81,25%.
Kata kunci : Model PBL, media film dokumenter pergerakan kebangsaan, sikap nasionalisme, prestasi belajar. 

 

×
Penulis Utama : Mayarta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861408031
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan model pbl dalam pembelajaran ips dengan media film dokumenter pergerakan kebangsaan untuk meninggkatkan sikap nasionalisme dan prestasi belajar siswa kelas viii b smp negeri 11 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S.861408031-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd
2. Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.