Penulis Utama : I Gusti Putu Endra Suantara
NIM / NIP : S991408010
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw dengan berbantuan media PowerPoint terhadap prestasi belajar Ekonomi. (2) Pengaruh antara siswa yang memiliki tingkat motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap prestasi belajar Ekonomi. (3) Interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Ekonomi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA di Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa yang meliputi 36 siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Mojolaban sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran tipe STAD, dan 34 siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Polokarto sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalan dengan jumlah sel tak sama dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, desain faktorial 2x2 dan taraf signifikansi penelitian sebesar 0,05. Perhitungan uji tersebut menggunakan software SPSS 23.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw dengan berbantuan media PowerPoint terhadap prestasi belajar Ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi (Sig.) lebih kecil dari taraf signifikansi a = 0,05 yaitu (0,00 < 0,05) atau (Fobs = 10,103 > Ftabel = 4,00). (2) Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki tingkat motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap prestasi belajar Ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi (Sig.) lebih kecil dari taraf signifikansi a = 0,05 (0,00 < 0,05) atau (Fobs = 57,338 > Ftabel = 4,00). (3) Tidak terdapat interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi (Sig.) lebih besar dari taraf signifikansi a = 0,05 (0,517 > 0,05) atau (Fobs = 0,425 < Ftabel = 4,00).
Kata Kunci: STAD, Jigsaw, Media PowerPoint, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

 

×
Penulis Utama : I Gusti Putu Endra Suantara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991408010
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (stad) dan jigsaw dengan berbantuan media powerpoint terhadap prestasi belajar ekonomi ditinjau dari motivasi belajar (Penelitian Pada Siswa SMA Negeri di Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S.991408010-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd
2. Dr. Djoko Santoso TH, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.