Penulis Utama : Ike Purnama Sari
NIM / NIP : D1513047
×

Indonesia adalah negara yang dikenal sebagai negara maritim yang sebagian besar luas wilayahnya merupakan perairan dan terdiri atas pulau – pulau. Oleh sebab itu sarana transportasi laut sangat penting untuk menghubungkan pulau-pulau yang tersebar di seluruh Indonesia.  Salah satu sarana transportasi laut adalah angkutan laut yang berupa kapal.Kapal yang merupakan alat penghubung di laut yang telah di kenal oleh masyarakat pada umumnya. Suatuperusahaanpelayaranmengoprasikankapal-kapalnyadaripelabuhansatukepelabuhanlainya , sehingga perusahaan pelayaran harus mengurusi kapal yang dioperasikan pada saat di pelabuhan yang disinggahinya. Kegiatan mengurussemuakeperluankapalmulaidariawalkedatangankapal, padasaatberada di pelabuhanhinggawaktukeberangkatannya.
Tujuan pengamatan yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur penanganan kedatangan dan keberangkatan kapal penumpang oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Cabang Semarang. Landasan teori yang digunakan oleh penulis dalam pengamatan ini berupa buku, internet, undang-undang, peraturan menteri, dan sumber-sumber lain. Jenis pengamatan yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif. Pengamatan ini mengambil lokasi di PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Cabang Semarang. Sumber data diperoleh dari narasumber (informan), peristiwa atau aktifitas, dokumen dan arsip. 
Hasil yang diperoleh dari pengamatan yang penulis lakukan adalah penanganan kedatangan dan keberangkatan kapal penumpang yang dilakukan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Cabang Semarang di pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Secara garis besar sistem dan prosedur penanganan kedatangan dan keberangkatan kapal penumpang dimulai dari sebelum kapal datang, saat kapal datang (Clearance in ) mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaanya, sebelum kapal berangkat (Clearance out)  mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaannya, saat kapal berangkat, pembuatan laporan setelah kapal berangkat, dan dokumen yang dibutuhkan saat penanganan kedatangan dan keberangkatan kapal serta intansi terkait pada saat kegiatan di pelabuhan.

Kata Kunci :sistem, prosedur, penanganan, kedatangan, keberangkatan, kapal penumpang 

×
Penulis Utama : Ike Purnama Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1513047
Tahun : 2016
Judul : Sistem dan prosedur penanganan kedatangan dan keberangkatan kapal penumpang oleh pt pelayaran nasional Indonesia (persero) cabang Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Manajemen Administrasi-D.1513047-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djoko Purwoko, SS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.