Penulis Utama : Danang Asmoro
NIM / NIP : K5112014
×


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas metode Struktural Analitik Sintetik untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunalaras kelas II SD di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis pre-experimental berbentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 5 anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh karena jumlah populasi yang sedikit yaitu berjumlah 5 anak sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif berupa tes menjodohkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program SPSS 23.
Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS 23, nilai rata-rata posttest subyek penelitian mengalami peningkatan. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest lebih besar daripada nilai pretest yaitu 48 menjadi 78. Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2.060 dengan Asymp.Sig (2-tailed) = 0. 039 pada taraf signifikansi (a) 5%. Dengan demikian hipotesis berbunyi efektifitas metode Struktural Analitik Sintetik untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunalaras kelas II SD di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2015/2016 dapat diterima kebenarannya.
Kesimpulan penelitian ini adalah Metode Struktural Analitik Sintetik efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunalaras kelas II SD di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Metode Struktural Analitik Sintetik, kemampuan membaca permulaan, anak tunalaras.

 

×
Penulis Utama : Danang Asmoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112014
Tahun : 2016
Judul : Efektifitas metode struktural analitik sintetik (sas) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunalaras kelas ii sd di slb e bhina putera Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5112014-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Gunarhadi. M.A., Ph.D
2. Dewi Sri Rejeki S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.