Penulis Utama : Opie Meilana
NIM / NIP : K5112052
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas  remedial teaching dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa tunalaras kelas III dan IV  di  SLB  E Bhina  Putera Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitan eksperimen. Pendekatan penelitian eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A (Baseline1-Intervensi-Baseline2). Subjek penelitian merupakan dua siswa tunalaras yang masing-masing berada di kelas III dan IV SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang memiliki kemampuan membaca permulaan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan tes membaca. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif yang disajikan melalui tabel dan grafik, sedangkan komponen yang dianalisis adalah analisis dalam kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai kemampuan membaca permulaan kedua subjek. Nilai rata-rata yang diperoleh subjek AR pada fase A-1 adalah 16, kemudian meningkat menjadi 50 pada fase B (naik 34 poin dari fase A-1) dan terakhir pada fase A-2 nilai rata-rata AR kembali meningkat menjadi 80 (naik 64 poin dari fase A-1 dan naik 30 poin dari fase B). Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh subjek MF pada A-1 yaitu 35, berubah menjadi 44.5 pada fase B (naik 9.5 poin dari fase A-1), dan terakhir pada fase A-2 nilai rata-rata subjek MF kembali meningkat menjadi 60 (naik 25 poin dari fase A-1 dan naik 15.5 poin dari fase B). Terjadi perubahan berupa kenaikan nilai rata-rata kemampuan membaca subjek, sehingga disimpulkan bahwa remedial teaching efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa tunalaras.

Kata Kunci : Tunalaras, efektivitas remedial teaching, kemampuan membaca, Single Subject Research

×
Penulis Utama : Opie Meilana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112052
Tahun : 2016
Judul : Efektifitas Remedial Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunalaras Kelas III dan IV di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5112052-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si.
2. Sugini, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.