Penulis Utama : Muhammad Sadikin
NIM / NIP : S861408034
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis (1) Perencanaan Pembelajaran Sejarah Dengan Pendekatan Saintifik PadaKurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Ketapang Kalimantan Barat; (2) Menjelaskan Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Ketapang Kalimantan Barat; (3) Bagaimana Proses Evaluasi dalam Pembelajaran Sejarah dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 di Madrasah Aliayah Negeri Ketapang Kalimantan Barat (4) Menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran sejarah dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 di Madrasah AliyahNegeri Ketapang Kalimantan Barat.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Ketapang Kalimantan Barat. Bentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal terpancang. Sumber data terdiri dari informan, tempat teristiwa, dokumen dan arsip. Teknik penggumpulan data dilakukan melalui: wawancara mendalam, observasi, studi dokumen/arsip, teknik cuplikan (sampling). Validasi data dilakukan melalui trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tiga tahapan yakni reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) dalam membuat perencanaan pembelajaran, guru telah menyusun RPP dengan pendekatan saintifik yang dilaksanakan secara mandiri oleh guru melalui koordinasi MGMP; (2) proses pelaksanaan pembelajaran Sejarah dilaksanakan dengan pendekatan saintifik melalui observasi, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan menarik kesimpulan yang didukung oleh tiga teori belajar yaitu teori belajar Brunner, teori belajar Piaget dan teori belajar Vygotsky. Model pembelajaran yang digunakan adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran PBL merupakan model pembelajaran yang relevan dengan pendekatan saintifik, dan mendapat tanggapan positif dari guru dan peserta didik, sehingga berdampak baik terhadap pembelajaran yang bersifat student center; (3) teknik penilaian pembelajaran Sejarah dengan pendekatan saintifik yaitu tes dan non tes yang meliputi aspek kognitif yang dinilai melalui tes, aspeka fektif dan psikomotorik di nilai melalui observasi yang dikaitkan dengan system penilaian saintifik yang meliputi penilain KI-1 (spiritual) dan KI-2 (sosial) yang dinilai melalui observasi, KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) yang dinilai melalui pengamatan dan tes: (4) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Sejarah dengan pendekatan saintifik adalah minimnya sumber belajar, minimnya pemahaman guru tentang pembelajaran Sejarah dengan pendekatan saintifik, dan ketidaksesuaian antara silabus dengan buku siswa.
Kata kunci : Kurikulum 2013, Pembelajaran sejarah, Pendekatan Saintifik.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Sadikin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861408034
Tahun : 2016
Judul : Analisis pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di madrasah aliyah negeri Ketapang Kalimantan Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S.861408034-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Warto, M. Hum
2. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.