Penulis Utama : Zakia Kemala Dewi
NIM / NIP : D1114031
×

Meningkatnya jumlah pengangguran yang disebabkan oleh lapangan pekerjaan yang semakin menyempit membuat perusahaan-perusahaan lebih selektif dalam menerima tenaga kerja. Kualitas yang dinilai dari skill dan kompetensi seperti telah menjadi prioritas bagi perusahaan untuk menerima tenaga kerja. Pemerintah melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi melaksanakan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di Kota Surakarta dengan tujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang memiliki keahlian, keterampilan dan kompetensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas program tersebut di Kota Surakarta.
Penelitian dilakukan di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta dengan metode kualitatif yang terfokus untuk menggambarkan keefektifan program melalui data yang terkumpul. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif dimana dalam tahap reduksi data peneliti menyeleksi, memfokuskan dan membatasi masalah kemudian sajian data yang merupakan pembuatan narasi sesuai dengan perumusan masalah dan penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pada kriteria ketepatan sasaran program, program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja sudah tepat sasaran yaitu masyarakat Kota Surakarta dengan pendidikan SMA/SMK. Selain itu tahapan-tahapan dalam pelaksanaan program mulai dari pendaftaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi dan daftar ulang di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta sudah sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan. 2) Pada kriteria sosialisasi program, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta telah melaksanakan sosialisasi secara efektif dibuktikan dengan antusiasme masyarakat Kota Surakarta dalam mengikuti program. 3) Pada kriteria tujuan program, program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja sudah sesuai dengan tujuan yaitu menjadikan peserta program menjadi tenaga kerja siap pakai dan telah diterima di beberapa perusahaan untuk bekerja juga menjadi wirausaha, meskipun masih ada beberapa yang sedang proses mencari pekerjaan. 4) Pada kriteria pemantauan program, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta telah melakukan monitoring baik dalam bentuk menerima laporan maupun terjun langsung ke lapangan.
Kata Kunci : efektivitas, kualitas, produktivitas

×
Penulis Utama : Zakia Kemala Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1114031
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D.1114031-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.