Penulis Utama : Aris Wahyudi
NIM / NIP : S861502006
×

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dewasa ini telah mencapai tingkat yang begitu pesat. Perkembangan dan ke-modern-an IPTEK ini memberikan dampak yang begitu besar pula terhadap dunia pendidikan. Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran sejarah menjadi satu hal yang lazim untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Dengan pembelajaran sejarah yang menarik maka antusiasme siswa dalam pembelajaran pun akan meningkat. Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam proses pembelajaran sejarah. Dengan kemampuan ini siswa akan mampu menguraikan fakta-fakta, memperinci, dan berpikir logis, dan mampu memberikan argumen dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis dan mendeskripsikan tentang media pembelajaran sejarah yang digunakan selama ini di SMA Angkasa Adisutjipto; 2) mengembangkan media audio visual berbasis sejarah perjuangan Adisutjipto untuk meningkatkan sikap kritis siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Angkasa Adisutjipto; 3) menguji efektivitas media audio visual berbasis sejarah perjuangan Adisutjipto yang diterapkan di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta. 
Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE dari Molenda. Model penelitian ini terdiri dari lima tahapan, yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Desain produk), Development (Pengembangan produk), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Model uji kelayakan dalam penelitian ini menggunakan model skala Likert 1 sampai 5, dan pengujian efektivitas menggunakan Independent Sample T Test dengan menggunakan SPSS. 
Hasil dari uji coba T Test dari Pre-Test dan Post-Test kelas eksperimen dengan nilai 3,485 dengan signifikansi 0,790>0,05. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji efektivitas sikap kritis siswa diperoleh nilai 0,159 dengan nilai signifikansi 0,035<0,05. Hal ini menunjukan bahwa hasil dari kelas eksperimen sebelum dan sesudah penggunaan media tidaklah sama. Sehingga media audio visual berbasis sejarah perjuangan Adisutjipto terbukti efektif untuk meningkatkan sikap kritis siswa dalam pebelajaran sejarah. 
Kata Kunci: media audio visual, Adisutjipto, sikap kritis siswa

 

×
Penulis Utama : Aris Wahyudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861502006
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan media audio visual berbasis sejarah perjuangan Adisutjipto untuk meningkatkan sikap kritis siswa dalam pembelajaran sejarah di sma angkasa Adisutjipto Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S.861502006-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M. Pd
2. Prof. Dr. Warto, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.