Penulis Utama : Novianti Putri Dwi Setyani
NIM / NIP : K7112166
×

ABSTRAK 

Novianti Putri Dwi Setyani, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas IV B SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV B SDIT Nur Hidayah Surakarta dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan baik secara tertulis ataupun lisan pada siswa kelas IV B SDIT Nur Hidayah Tahun Pelajaran 2015/2016. Peningkatan tersebut terlihat dari peningkatan nilai keterampilan mengomunikasikan pada setiap siklus. Nilai sebelum tindakan nilai rata-rata kelas mengomunikasikan secara lisan sebesar 52,85, sedangkan secara tertulis sebesar 54,15. Pada siklus I nilai rata-rata mengomunikasikan secara lisan sebesar 78, sedangkan secara tertulis sebesar 77. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mengomunikasikan secara lisan sebesar 86, sedangkan secara tertulis sebesar 85.

Kata Kunci: Keterampilan Mengomunikasikan, Model Project Based Learning (PjBL), Siswa Sekolah Dasar

×
Penulis Utama : Novianti Putri Dwi Setyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112166
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Keterampilan Mengomunikasikan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas IV Sdit Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP Jur.Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD) - K7112166 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kartono, M.Pd.
2. Dr. Suharno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.