Penulis Utama : Adi Sifa Muhammad
NIM / NIP : K7114001
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir fluency dan flexibility dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72.

Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan tindakan; Pelaksanaan tindakan; observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Teknik observasi; wawancara; dokumen, dan tes. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yang mempunyai beberapa komponen, yaitu: reduksi data; penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat peningkatan persentase keterampilan berpikir fluency dan flexibility siswa pada siklus I dan siklus II. Peningkatan keterampilan berpikir fluency dibuktikan dengan perolehan nilai rata- rata pratindakan yaitu 37,14, dengan persentase ketuntasan 0%. Pada akhir siklus II pertemuan 3  nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,48 dengan persentase sebesar 88,57%. Pada keterampilan berpikir flexibility perolehan nilai rata-rata sebelum prasiklus yaitu 37,14, dengan persentase ketuntasan 0%. Pada akhir siklus II pertemuan 3 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80 dengan persentase sebesar
85,71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir fluency dan flexibility.

 

×
Penulis Utama : Adi Sifa Muhammad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114001
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keterampilan Berpikir Fluency Dan Flexibility Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tunggulsari 1 No.72 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7114001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kartono, M. Pd.
2. Idam Ragil Widianto A, S. Pd, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.