Penulis Utama : Yessy Patmala
NIM / NIP : S881608005
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kebutuhan media pembelajaran adobe flash berbasis contextual teaching and learning (CTL). (2) Mengetahui pengembangan media pembelajaran adobe flash berbasis contextual teaching and learning (CTL). (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran adobe flash berbasis contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan berfikir analitis peserta didik pada materi pengetauan dasar geogafi kelas X  SMA N 1 Gemolong Sragen.


Penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D). Tahapan ini menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian adalah kelas X IPS di SMA N 1 Gemolong Sragen. Data kebutuhan media pembelajaran berbasis CTL dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada koresponden yang ditargetkan (1 orang guru dan 30 peserta didik). Keefektifan media pembelajaran adobe flash berbasis contextual teaching and learning (CTL) dilihat dalam meningkatkan kemampuan berfikir analitis peserta didik, Penilaian kelayakan dilakukan dengan membagikan lembar validasi ahli dan penilaian peserta didik, data kemampuan berfikir analitis diukur dengan mengunakan perbandingan skor post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah uji t-test pada taraf signifikasi 0,05%.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Tahap analysis untuk menunjang proses pembelajaran peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dikemas secara menarik, mudah dipahami; (2) Tahap Design, membuat rancangan awal media pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum k13 untuk meningkatkan berfikir analitis peserta didik; (3) Tahap Development, media pembelajaran divalidasi oleh tim ahli media dan ahli materi menunjukkan skor modus 4 dalam kategori layak dan uji coba terbatas  dengan respon skor modus 4 dalam kategori layak; (4) Tahap implementation, berdasarkan perhitungan tiga indikator berfikir analitis pada kelas eksperimen memperoleh skor 661 dalam kriteria analitis, pada kelas kontrol memperoleh skor 436 dalam kriteria kurang analitis, hasil perhitungan uji t diketahui bahwa media pembelajaran adobe flash berbasis (CTL) efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis peserta didik yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi (0,00<0,05); (5) Tahap Evaluation, respon peserta didik pada aktivitas pembelajaran sangat tertarik dan antusias terhadap media pembelajaran adobe flash berbasis CTL peserta didik.

×
Penulis Utama : Yessy Patmala
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881608005
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash Berbasis Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Berfikir Analitis pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi SMAN 1 Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup-S881608005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Sarwono. M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.