Penulis Utama : Gilang Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1815017
Tahun : 2018
Judul : Analisis Value Chain Kopi Robusta di Kabupaten Temanggung
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. pertanian - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Agribisnis-H1815017-2018
Subyek : KOPI ROBUSTA, ANALISIS, VAKLUE CHAIN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan rantai nilai kopi robusta di Kabupaten Temanggung, mengetahui besarnya farmer share kopi robusta di Kabupaten Temanggung dan merumuskan solusi perbaikan (upgrading) kopi robusta di Kabupaten Temanggung berdasarkan analisis rantai nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitik. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive di Kabupaten Temanggung dengan pertimbangan luas lahan tanaman kopi robusta terbesar di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan analisis Farmer Share dan Value Chain Analysis  oleh Kaplinsky dan Morris.
Hasil analisis value chain kopi robusta di Kabupaten Temanggung adalah terdapatnya 6 aliran produk rantai nilai kopi robusta di Kabupaten Temanggung yang dilakukan oleh pelaku rantai nilai diantaranya adalah petani, pedagang pengepul desa, pedagang pengepul kecamatan, pedagang besar, pengolah kopi, eksportir dan konsumen. Farmer share terbesar terdapat pada saluran 6 dengan nilai 100% dan keuntungan Rp 99.828 per kg. Aliran produk pada saluran 6 adalah dari petani kepada konsumen langsung.
Solusi perbaikan (upgrading) yang diberikan adalah penyusunan dan penerapan  SOP (Standart Operating Procedure) budidaya dan pengolahan kopi robusta dengan kerjasama Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka), penguatan kelembagaan melalui pembentukan lembaga penunjang atau peningkatan peran kelompok tani, penguatan permodalan (dengan pemberian pinjaman, subsidi pupuk, bantuan pengadaan alat produksi pengolah kopi) dan peningkatan kemampuan pelaku usaha kopi robusta dalam memasarkan produk mereka melalui berbagai pelatihan dalam kegitan branding produk, kegiatan pengolahan kopi yang sesuai selera pasar, pengemasan dan promosi untuk memperluas pasar kopi Temanggung.

Kata Kunci : Kopi Robusta, Analisis, Vaklue Chain

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Heru Irianto, M.M
2. Susi Wuri S.P., M.P.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian