Penulis Utama : Renata Lifana C.
NIM / NIP : R0214080
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Bekerja di lingkungan panas seperti di dekat oven atau tungku pemanas dan bekerja di luar ruangan dapat mengakibatkan pekerja terpapar suhu panas. PT. Aneka Adhilogam Karya adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengecoran logam dengan hasil pengukuran Indeks Suhu Basah dan Bola (ISBB) sebesar 30,82°C. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian tekanan panas yang tepat di PT Aneka Adhilogam Karya Ceper, Klaten.Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian kali ini dilakukan di PT Aneka Adhilogam Karya, Batur, Ceper, Klaten bagian penggerindaan, pencetakan, dan peleburan. Objek penelitian ini adalah karakteristik responden, besarnya tekanan panas yang memapar tenaga kerja, kondisi lingkungan kerja, kecukupan air minum tenaga kerja, serta pengendalian tekanan panas yang tepat dilakukan di PT Aneka Adhilogam Karya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi lapangan, wawancara, dan kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan membandingkan kondisi lapangan dengan Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 dan Permenaker Nomor 5 tahun 2018.
Hasil : Hasil pengukuran tekanan panas didapatkan hasil sebesar 31,5oC dengan kondisi lingkungan kerja dan kecukupan air minum kurang baik. Pengendalian yang tepat yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan engineering control, administrative control, dan APD.
Simpulan : Pengendalian tekanan panas yang tepat di PT Aneka Adhilogam Karya adalah melalui engineering control, administrative control, dan APD.

Kata Kunci : Pengendalian, Tekanan panas, Pengecoran Logam

×
Penulis Utama : Renata Lifana C.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214080
Tahun : 2018
Judul : Manajemen Pengendalian Tekanan Panas di PT Aneka Adhilogam Karya Ceper Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214080-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tyas Lilia Wardani, S.ST., M.KKK.
2. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.