Penulis Utama : Rantika Arin Rahmawati
NIM / NIP : F3115054
×

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh PT Madei Manufacture and Design memiliki rencana impor MDF dan belum mengetahui prosedur impor sehingga membutuhkan suatu prosedur khusus yang mengatur kegiatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan desain Standar Operasional Prosedur (SOP) impor bahan baku Medium Density Fiberboard (MDF) bagi PT Madei Manufacture and Design yang disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan saat ini untuk memenuhi bahan baku MDF yang digunakan untuk kegiatan produksi.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu memberikan gambaran secara jelas mengenai suatu keadaan dengan cara mendalami setiap detail  pada suatu kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari perusahaan. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku panduan dan sumber bacaan yang dapat dipercaya. Teknik analisi yang digunakan yaitu teknik analisis fishbone untuk mengetahui penyebab perusahaan belum memulai impor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan PT Madei Manufacture and Design belum memulai impornya, yaitu SDM, inventory, perizinan, mesin, dan biaya. Proses penyusunan SOP impor bahan baku MDF yang disusun untuk PT Madei Manufacture and Design yang secara garis besar tahapannya mulai dari  produksi hingga pengeluaran barang dari pelabuhan. Selain itu, ada dua kendala yang mungkin terjadi apabila SOP ini dijalankan yaitu negosiasi dan harga IT inventory.
Saran dari penelitian ini yaitu perusahaan sebaiknya staff impor ekspor mengikuti pelatihan simulasi impor dan berkonsultasi ke bea cukai, freight forwarding, dan konsultan bisnis. Perusahaan harus mematuhi SOP yang telah disusun apabila memulai impor. Perusahaan sebaiknya tetap melibatkan departemen pembelian dalam bernegosiasi dan berkonsultasi dengan perusahaan jasa software IT inventory terkait dengan harga yang ditawarkan.
Kata Kunci : Standar Operasional Prosedur (SOP), Impor, Medium Density Fiberboard (MDF), PT Madei Manufacture and Design

 

×
Penulis Utama : Rantika Arin Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3115054
Tahun : 2018
Judul : Proses Penyusunan Standar Operasional Prosedur Impor Bahan Baku Medium Density Fiberboard (MDF) di PT Madei Manufacture and Design Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Prog. DIII Manajemen Perdagangan-F3115054-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S.E., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.