Penulis Utama : Annisa Nuraini
NIM / NIP : F3515008
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelatihan wirausaha baru dibidang boga yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian kota Surakarta sebagai bagian dari program perluasan kerja untuk masyarakat kota Surakarta. Penelitian ini juga dilakukan untuk memberikan informasi mengenai alur dari pealtihan wirausaha baru dibidang boga dan juga dampak yang dihasilkan dengan diadakannya pelatihan tersebut. Tidak lupa juga hambatan – hambatan yang terdapat selama pelaksanaan pelatihan wirausaha baru dibidang boga tersebut.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengambilan data melalui wawancara terhadap para peserta pelatihan dan juga ketua pelaksana kegiatan yaitu kepala seksi pelatihan dan perluasan kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian kota Surakarta untuk memperoleh data mengenai dampak yang dihasilkan beserta hambatan yang timbul selama pelaksanaan pelatihan. Selain itu juga penulis menggunakan metode studi pustaka untuk dokumen yang terkait dengan alur atau prosedur pelaksanaan kegiataan tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana alur pelatihan tersebut dilaksanaakan beserta dampak yang diberikan kepada peserta pelatihan antara lain memperbaiki pengetahuan, mendorong pengembangan diri dan yang terkahir memperbaiki komunikasi antar kelompok juga individu. Lalu hambatan yang ada selama pelatihan tersebut berlangsung adalah waktu yang singkat diatasi dengan cara memaksimalkan materi dalam satu hari, yang kedua mengenai pemilihan materi diatasi dengan melakukan voting, dan yang terakhir biaya yang cukup besar diatasi dengan perencanaan yang lebih akurat.
Saran yang ingin disampaikan penulis adalah menetapkan materi diawal perencanaan dan juga menggunakan website untuk pendaftaran peserta pelatihan wirausaha dibidang boga.
 
Kata kunci : Pelatihan, Boga, Wirausaha Baru.

×
Penulis Utama : Annisa Nuraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3515008
Tahun : 2018
Judul : Pelatihan Wirausaha Baru di Bidang Boga pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. Studi D III Manajemen Bisnis-F3515008-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wahyu Trinarningsih, S.E., M.M., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.