Penulis Utama : Resha Arrigo Rivaldi
NIM / NIP : F3215050
×

ABSTRAK

Manajemen komplain adalah suatu sistem yang digunakan untuk memonitor sikap dan kepuasan para pelanggan, penyalur, dan partisipan lain dalam sistem pemasaran. Sehingga perusahaan dapat mengambil langkah yang lebih cepat untuk menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimanamenerapkanstrategi penerapan manajemen komplain pada PDAM Tirta Dharma Unit Banjarsari.
Penelitian ini menggunakan  metode wawancara langsung kepada  karyawan PDAM Tirta Dharma Surakarta Unit Banjarsari untuk mendapatkan informasi yang akurat.Hasil Penelitian bahwa PDAM melaksanakan dimensi manajemen komplain yaitu  Commitmen, Visible, Accessible, Kesederhanaan, Kecepatan, Fairness, Confidential, Records, Sumber Daya, Remedy.Teknikanalisis data dalam penelitian ini yaitu Teknik Analisis Deskriptif.
Saran yang diberikan kepada PDAM Tirta Dharma Surakarta Unit Banjarsari adalah pelayanan kepada pelanggan harus di tangani dengan cepat dan tepat di bagian Customer Service, agar pelanggan selalu percaya terhadap PDAM sebagai langanan air bersih di wilayah Surakarta. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif, keterbatasan penulisan yaitu kurangnya data dari PDAM Unit Banjarsari yang mendapatkan data hanya dari wawancara dengan pihak karyawan.

Kata kunci: Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan, Keluhan pelanggan, Penanganan komplain.

 

×
Penulis Utama : Resha Arrigo Rivaldi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3215050
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Manajemen Komplain terhadap Layanan Jasa di Pdam Tirta Dharma Kota Surakarta Unit Banjarsari Penerapan Manajemen Komplain terhadap Layanan Jasa di Pdam Tirta Dharma Kota Surakarta Unit Banjarsari (Studi Kasus : Pdam Tirta Dharma Kota Surakarta Unit Banjarsari)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Manajemen Pemasaran -F3215050-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haryanto, SE M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.