Penulis Utama : Faizul Awali Hidayatullah
NIM / NIP : F0214044
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keunggulan relatif, kesesuaian, kompleksitas, keterematan, dan reputasi terhadap sikap dan niat untuk mengadopsi dan religiusitas sebagai variabel moderasi. Secara spesifik penelitian ini membatasi studi pada nasabah bank konvensional di Eks Karesidenan Surakarta. 

Data dalam penelitian dihimpun melalui kuisioner yang didistribusikan kepada responden. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 142. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Pengujian yang dilakukan antara lain uji instrumen, uji model, uji hipotesis, dan uji moderasi.  Alat uji yang digunakan adalah SmartPLS 3. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan relatif, keteramatan dan reputasi berpengaruh positif terhadap sikap. Selain itu sikap juga berpengaruh positif terhadap niat mengadopsi. Studi ini memiliki keterbatasan yaitu objek amatan yang hanya berfokus pada nasabah bank konvensional di Eks Karesidenan Surakarta sehingga generalisasi studi sangat mungkin terbatas. Penelitian selanjutnya diharapkan menetapkan objek amatan yang berbeda dan lebih luas sehingga dapat digeneralisasi pada feomena lain dan dapat dilakukan perbandingan hasil penelitian. 

Kata kunci :  difusi inovasi, keunggulan relatif, keteramatan, reputasi, sikap terhadap adopsi, religiusitas

×
Penulis Utama : Faizul Awali Hidayatullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0214044
Tahun : 2018
Judul : Niat Adopsi Bank Syariah : Anteseden Sikap dan Efek Moderasi Religiusitas (Studi pada Nasabah Perbankan di Eks Karesidenan Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Manajemen-F0214044-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haryanto, SE. M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.