Penulis Utama : Gilang Edrianto
NIM / NIP : F1216039
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel perceived organizational support (POS) pada variabel organizational citizenship behavior (OCB). Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Kasih Ibu Kota Surakarta dengan melibatkan responden sebanyak 200 karyawan dari total 543 karyawan. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan SEM dengan alat bantu AMOS.
Penelitian ini memiliki hasil sebagai berikut: (1) Responden dalam penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan yang merasa sangat didukung oleh organisasi, maka karyawan akan merasa puas terhadap pekerjaan yang dilakukannya, sehingga karyawan tersebut akan bekerja secara maksimal untuk menyelesaikan pekerjaannya, bahkan melakukan beberapa hal yang mungkin diluar tugasnya. Hubungan perceived organizational support dengan job engagement adalah positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai estimate sebesar 0,460. (2) Job engagement berpengaruh positif pada organizational citizenship behavior  dibuktikan dengan nilai signifikansi <0,05. (3) Job engagement dalam penelitian ini memediasi pengaruh perceived organizational support pada organizational citizenship behavior dibuktikan dengan uji sobel, dimana nilai z>1,96.
 Dalam Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu pada masalah teknis pengambilan yang dirasa kurang efektif, hal gtersebut dikarenakan proses penyebaran kuesioner dilakukan sesuai peraturan Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta.
Kata Kunci: Perceived Organizational Support (POS), Job Engagement, Organizational Citizenship Behavior (OCB)

 

×
Penulis Utama : Gilang Edrianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1216039
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Perceived Organizational Support (Pos) Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) dengan Dimediasi Job Engagement
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Manajemen - F1216039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Cholil, M.M,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.