Penulis Utama : Qoris Hizbullah
NIM / NIP : K3512054
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk   mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar antara pembelajaran berbasis proyek berbantuan edmodo dengan pembelajaran konvensional. (2) efektivitas model pembelajaran berbasis proyek berbantuan edmodo dalam meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experimentals dengan desain pretest-posttest control grup design. Populsi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI 1 dan XI 3 Program Keahlian Multimedia SMK Batik 2 Surakarta dengan jumlah 70 peserta didik.. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui ranah kognitif, dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui ranah afektif dan ranah psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan analisis gain index.

Hasil penelitian menujukan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran berbasis proyek berbantuan edmodo dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran teknik animasi dua dimensi kelas XI Multimedia SMK Batik 2 yang ditunjukan oleh ???????????????? = 4,435 kognitif, ???????????????? = 2,175 afektif,
???????????????? = 2,344 psikomotorik lebih besar dari ??????????????? = 1,995. (2) penggunaan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar teknik animasi dua dimensi yang ditunjukan oleh analisis gain index dengan nilai gain pada kelas eksperimen sebesar
0,587 dan kelas kontrol sebesar 0,369.

Kata Kunci : model pembelajan berbasis proyek, edmodo, hasil belajar

×
Penulis Utama : Qoris Hizbullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3512054
Tahun : 2018
Judul : Perbandingan Antara Model Pembelajaran Berbabasis Proyek Berbantuan Edmodo dengan Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar Teknik Animasi Dua Dimensi (Eksperimen Kelas XI SMK Batik 2 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3512054-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. A. G. Tamrin, M.Pd., M.Si.
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.