Penulis Utama : Alfiana Ester Rositawati
NIM / NIP : D1215004
×

ABSTRAK

Media massa berkembang begitu cepat. Hal ini ditandai dengan munculnya media baru. Pada tahun 2016, media social menempati urutan teratas dari jenis konten yang diakses melalui Internet. Media sosial yang saat ini sangat diminati adalah Instagram yang berupa sebuah aplikasi berbagi foto dan video. Dalam Instagram, unggahan bertemakan social mulai mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat, oleh karena itu kini muncul berbagai akun Instagram yang berfokus kepada unggahan konten mengenai kepedulian sosial, Di kota Solo sendiri juga terdapat komunitas sosial yang menggunakan Instagram sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang kegiatannya, salah satunya yang terbesar adalah Komunitas Ketimbang Ngemis Solo yang merupakan komunitas sosial di Solo yang paling populer di Instagram, Sebagai mahasiswa yang  bergerak dalam ilmu social dan politik, maka diharapkan, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta dapat memiliki respon yang lebih terhadap keadaan social dan media sosial yang berkembang.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis membuat penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana korelasi antara penggunaan akun Instagram @ketimbang.ngemis.soloo dengan perilaku menolong mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2015-2016.Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional.Penelitian ini dilaksanakan  di setiap kelas Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta pada mahasiswa angkatan 2015-2016, dilaksanakan mulai dari bulan Maret 2017 sampai dengan bulan Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2015-2016 yang memiliki Instagram berjumlah 1.264 mahasiswa.Dengan menggunakan rumus slovin dan teknik sampling probability sampling dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling ditemukan jumlah sampel sebesar 185 mahasiswa. Hasil dari penelitian in adalah pengaruh terbesar penggunaan Instagram @ketimbang.ngemis.soloo oleh mahasiswa adalah terhadap aspek konatif (Perilaku menolong) yaitu 0,860 dibandingkan dengan kognitif sebesar 0,350 dan afektif sebesar 0,420..

Kata kunci :PenggunaanInstagram, PerilakuMenolong, KetimbangNgemis Solo

 

×
Penulis Utama : Alfiana Ester Rositawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215004
Tahun : 2018
Judul : Korelasi Penggunaan Instagram dengan Perilaku Menolong oleh Mahasiswa (Studi Korelasi Penggunaan akun Instagram @ketimbang.ngemis.soloo dengan Perilaku Menolong Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2015-2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D1215004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widyantoro, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.