Penulis Utama : Dwi Yuniasih Saputri
NIM / NIP : S031608005
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkanmultimedia interaktif berbasis gamepada materi tema 4 subtema 1 “Peredaran Darahku” dan untuk menguji keefektifan multimedia interaktif berbasis game untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswakelas V Sekolah Dasar di Kota Surakarta.
Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Sukmadinata.Prosedur penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap pengujian.Tahap pendahuluan bertujuan untuk mengetahui keadaan media pembelajaran di kelas V dan menganalisis kebutuhan media pembelajaran.Tahap pengembangan dimulai dari melakukan desain awal, memvalidasi produk kepada ahli media dan ahli materi.Peneliti melakukan uji coba terbatasdikelas V SDWarga sebanyak 32 siswa.Subjek uji coba luas adalah siswa SD Al-Abidin dan SD Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 69 siswa.Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumentasi.Uji efektivitas dilakukan di SD Al-Azhar Syifa Budi sebagai kelas eksperimen dan SD Muhammadiyah Program Khusus sebagai kelas kontrol.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui: lembar observasi, pedoman wawancara, angket penilaian, dan tes (pre-test dan post-test). Untuk menguji keefektifan penggunaan multimedia interaktif menggunakan uji-t. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan uji efektivitas.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menujukkan hasil rerata hasil validasi ahli media diperoleh nilai 4,28 dan rerata hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 4,27. Hasil dari uji coba terbatas diperoleh rerata 4,42, sedangkan hasil uji coba luas diperoleh rerata 4,70. Uji keefektifan multimedia interaktif berbasis gamemenggunakan uji-t. Hasil dari uji-t diperoleh tobs = 3,821> ttabel = 2,008, maka dapat disimpulkan bahwa uji H0 ditolak, artinya bahwa multimedia interaktif berbasis game dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.Hasil pengujian effect size juga menunjukkan bahwa multimedia interaktif mempunyai pengaruh yang besar untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas V sekolah dasar pada subtema “Peredaran Darahku Sehat”.

 

×
Penulis Utama : Dwi Yuniasih Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031608005
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kelas V Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. PGSD-S031608005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.