Penulis Utama : Febriana Fitroh Al Khusna
NIM / NIP : K4214016
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) struktur intrinsik dan ekstrinsik novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari Soemoyo; (2) aspek antropologi sastra dalam novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari Soemoyo; (3) nilai-nilai pendidikan budi pekerti dalam novel Geger Wong Ndekep Macan karya Hari Soemoyo; dan (4) relevansi antara wujud kebudayaan dan nilai pendidikan budi pekerti sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas.
Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen, informan dan pendapat ahli sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik studi pustaka dan teknik analisis isi. Uji validitas data diperoleh dengan triangulasi teori dan triangulasi metode. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan.
Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa novel Geger Wong Ndekep Macan: (1) mengandung unsur intrinsik yang lengkap terdiri dari tema, alur, latar tempat, latar waktu, latar sosial, tokoh dan penokohan, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Unsur ekstrinsik novel Gegong Ndekep Macan meliputi latar belakang pengarang, kondisi sosial budaya dan tempat atau kondisi alam; (2) aspek antropologi sastra meliputi tiga wujud kebudayaan yaitu kebudayaan dalam bentuk ide, aktivitas, dan hasil budaya. Wujud kebudayaan yang paling banyak ditemukan adalah dalam bentuk ide; (3) nilai pendidikan budi pekerti berupa nilai empati, nilai hati nurani, nilai kontrol diri, nilai rasa hormat, nilai kebaikan hati, nilai toleransi, dan nilai keadilan. Nilai pendidikan budi pekerti yang paling banyak ditemukan adalah nilai empati; (4) relevan dan dapat digunakan sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra novel muatan lokal bahasa Jawa di SMA.

Kata Kunci : antropologi sastra, nilai pendidikan budi pekerti, materi pembelajaran, apresiasi sastra

×
Penulis Utama : Febriana Fitroh Al Khusna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214016
Tahun : 2018
Judul : Kajian Antropologi Sastra dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Novel Geger Wong Ndekep Macan Karya Hari Soemoyo Serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4214016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Suryanto, M.Pd.
2. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.