Penulis Utama : Alvan Aditya Pradana
NIM / NIP : K4614012
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Sepakbola Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem IV Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan siklus ini terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  siswa  Kelas  IV  SD  Karangasem  IV  tahun  pelajaran 2017/2018 berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 16 siswi putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa, data hasil belajar Passing Bawah Sepakbola diperoleh melalui tes unjuk kerja , lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa didalam mengikuti proses pembelajaran Passing Bawah Sepakbola melalui Pendekatan Bermain. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif dengan prosentase.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui Pendekatan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar Passing Bawah Sepakbola. Hasil belajar tersebut meliputi aspek pisikomotorik, kognitif, dan afektif dari 31 siswa hanya 10 siswa yang mencapai KKM atau 32,26% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 67,74% atau 21 siswa yang mencapai batas tuntas pada siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 83,27% atau 26 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas pada siswa Kelas IV SD Karangasem IV  dalam  meningkatkan hasil belajar Passing Bawah Sepakbola melalui Pendekatan  Bermain ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar Passing Bawah Sepakbola pada siswa.

Simpulan penelitian ini adalah melalui Pendekatan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar Passing Bawah Sepakbola pada siswa Kelas IV SD Karangasem IV tahun pelajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Alvan Aditya Pradana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614012
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Sepak Bola pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem IV Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4614012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
2. Pomo Warih Adi S.Pd, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.