Penulis Utama : Muhammad Rizky Nur Prakoso
NIM / NIP : K3113042
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta; (2) tingkat kecerdasan emosional siswa tersebut; (3) kontribusi kecerdasan emosional siswa terhadap penerimaan teman sebayanya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 14 Surakarta. Sampel penelitian ini menggunakan 143 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji T-test yang kemudian dibantu menggunakan analisis uji satu pihak (One Tail Test). Pada hipotesis ketiga menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 20.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini: (1) tingkat penerimaan teman sebaya pada siswa kelas tergolong dalam kategori rendah; (2) tingkat kecerdasan emosional siswa tergolong dalam ketegori tinggi; (3) tingkat kecerdasan emosional berkontribusi terhadap tingkat penerimaan teman sebaya sebesar 15,8%.
Kata Kunci: penerimaan teman sebaya, interaksi sosial, kecerdasan emosional.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Rizky Nur Prakoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113042
Tahun : 2018
Judul : Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Penerimaan Teman Sebaya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113042-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soeharto, M.Pd.,
2. Drs. Mudaris Muslim, M.Psi.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.