Penulis Utama : Angger Putri Tanjung
NIM / NIP : K324003
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pelaksanaan pembelajaran pembuatan karya tekstil dengan limbah kain pada mata pelajaran pengetahuan bahan di kelas XI Tekstil B SMKN 9 Surakarta. (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran pembuatan karya tekstil dengan limbah kain pada mata pelajaran pengetahuan bahan di kelas XI Tekstil B. (3) hasil karya pembelajaran pembuatan karya tekstil dengan limbah kain pada mata pelajaran pengetahuan bahan di kelas XI Tekstil B.
Populasi dalam penelitian  ini adalah  seluruh siswa kelas XI  Tekstil B SMKN 9 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.  Teknik  yang  digunakan  dalam pengumpulan  data  dengan  observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi.   Teknik sampling yang digunakan adalan teknik purposive sampling. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut  ini :  pelaksanaan pembelajaran pengetahuan bahan dilaksanakan selama tiga kali pertemuan, pertemuan pertama penyampaian materi dan pembuatan sketsa, pertemuan kedua proses mejahit, pertemuan ketiga melanjutkan mejahit dan finishing. Metode pembelajaran yang digunakan   meliputi ceramah, diskusi dan praktik. Media pembelajaran yang digunakan berupa papan tulis, laptop dan LCD. Evaluasi yang dilakukan guru dilaksanakan pada tahap proses berupa kerja sama siswa dalam kelompok dan hasil akhir berupa karya siswa yang dinilai menurut ide, aspek estetik dan aspek fungsional.

 

×
Penulis Utama : Angger Putri Tanjung
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K324003
Tahun : 2018
Judul : Proses Pelaksanaan Pembelajaran Pembuatan Karya Tekstil dengan Limbah Kain pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan di Kelas XI Tekstil B SMK N 9 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Seni Rupa-K324003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.