Penulis Utama : Suwarno
NIM / NIP : S841608023
×

Karya sastra sebagai hasil kreatif manusia di dalamnya terdapat cerminan kehidupan sosial termasuk budaya masyarakat. Karya sastra yang baik adalah karya sastra yang dapat memberikan fungsi edukatif, khususnya pendidikan karakter pada pembacanya. Unsur kebudayaan dan nilai pendidikan karakter tersebut,   relevan   dengan   pembelajaran   Bahasa   Indonesia   di   SMP/MTs. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) unsur kebudayaan (bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem religi, dan kesenian) yang terdapat dalam Legenda Kabupaten Ngawi, (2) nilai pendidikan karakter kerja keras  yang terdapat dalam Legenda Kabupaten Ngawi, dan (3) relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan content analysis (analisis isi). Pendekatan yang digunakan adalah antropologi sastra. Data diperoleh  melalui  informasi  lisan  dari  para  narasumber  dan  didukung  oleh berbagai sumber tertulis. Sumber data penelitian ini meliputi informan, tempat dan benda-benda fisik, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Validitas data dengan triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis data dengan analisis interaktif.
Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) unsur kebudayaan yang terdapat dalam Legenda Kabupaten Ngawi a) bahasa: adanya bahasa  yang  berfungsi  sebagai  alat  komunikasi  dan  sebagai  identitas  atau cerminan diri dari para pemakaianya, b) sistem pengetahuan: pengetahuan mengolah lahan pertanian dan peternakan, mengolah makanan, membuat suatu kerajinan dan barang-barang, pengetahuan ilmu agama dan ilmu kebatinan, c) organisasi sosial: terdiri atas kekerabatan hubungan sedarah dan hubungan tidak sedarah dan terdapat aturan-aturan yang harus ditaati atau terdapatnya pantangan dalam  kehidupan  bermasyarakat,  d)  sistem  peralatan  hidup  dan  teknologi: peralatan dan teknologi tradisional, e) sistem mata pencaharian hidup: profesi sebagai petani, peternak, pekebun, pemuka agama, pemimpin kerajaan dan abdi raja, f) sistem religi: agama Islam, Hindu, dan kepercayaan/kejawen, g) kesenian: kuburan  dan  batu  peninggalan.  (2)  Legenda  Kabupaten Ngawi  memiliki  nilai pendidikan  karakter  kerja  keras.  (3)  Legenda  Kabupaten  Ngawi  memiliki relevansi dengan pembelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII.

 

×
Penulis Utama : Suwarno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841608023
Tahun : 2018
Judul : Unsur Kebudayaan Dan Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras Dalam Legenda Kabupaten Ngawi Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs (Kajian Antropologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841608023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko Wardani, S.S, M.Hum.,
2. Dr. Kundharu Saddhono, S.S, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.