Penulis Utama : Weni Yulianingsih
NIM / NIP : C0114066
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana struktur  lirik lagu karya Gamelawan berdasarkan teori strata norma Roman Ingarden yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia dan lapis metafisis, 2) Bagaimana masalah-masalah sosial yang terdapat dalam lirik lagu karya Gamelawan berdasarkan teori sosiologi Soerjono Soekanto,  
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan struktur lirik lagu karya Gamelawan berdasarkan teori struktur strata norma Roman Ingarden yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia, dan lapis metafisis, 2) Mendiskripsikan masalah-masalah sosial yang terdapat dalam 12 lirik lagu berbahasa Jawa karya Gamelawan berdasarkan teori sosiologi Soerjono Soekanto, yakni klasifikasi masalah sosial yang terdiri dari faktor ekonomis, faktor biologis, faktor biopsikologis dan faktor kebudayaan.  
Manfaat penelitian iniada dua yaitu (1) Manfaat Teoritis, yaitu penelitian ini akan menambah pengetahuan terutama mengenai penerapan sosiologi sastra. (2) Manfaat praktis, yaitu menginformasikan kepada masyarakat mengenai permasalahan sosial dalam suatu karya sastra agar makna yang terkandung dapat menjadi pandangan hidup yang lebih luas.  
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini mencakup data primer yang berupa kata-kata, kalimat yang ada dalam teks 12 lirik lagu karya Gamelawan. Data sekunder yang berupa hasil wawancara dengan pengarang serta sumber pustaka lain. Sumber data dalam penelitian ini yaitu teks 12 lirik lagu dan pengarang sebagai informan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik content analysis, teknik
wawancara dan teknik analisis data.   
Analisis ini memiliki beberapa kesimpulan yaitu (1) unsur struktural teks lirik lagu karya Gamelawan menunjukan adanya hubungan yang erat antar unsurunsurnya. (2) Keduabelas lirik lagu karya Gamelawan mangangkat permasalahan sosial dengan teori Soerjono Soekanto.  

Kata kunci: Teks Lirik Lagu, Masalah Sosial, Sosiologi sastra.

 

×
Penulis Utama : Weni Yulianingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114066
Tahun : 2018
Judul : Masalah Sosial dalam 12 Lirik Lagu Berbahasa Jawa Karya Gamelawan (Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra daerah-C0114066-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S, M.Hum,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.