Penulis Utama : Depi Puspita Arum
NIM / NIP : S851608010
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) profil berpikir probabilistik siswa kelas IX SMP Al-Irsyad Surakarta dengan tingkat kecerdasan matematis logis tinggi dalam pemecahan masalah probabilistik, (2) profil berpikir probabilistik siswa kelas IX SMP Al-Irsyad Surakarta dengan tingkat kecerdasan matematis logis sedang dalam pemecahan masalah probabilistik, dan (3) profil berpikir probabilistik siswa kelas IX SMP Al-Irsyad Surakarta dengan tingkat kecerdasan matematis logis rendah dalam pemecahan masalah probabilistik.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus. Subjek dalam penelitian ini meliputi 9 siswa kelas IX SMP Al-Irsyad Surakarta yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tes pemecahan masalah probabilistik pada materi peluang. Validitas data diuji dengan menggunakan triangulasi waktu dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Hubermann yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Profil berpikir probabilistik siswa kelas IX SMP Al-Irsyad dengan tingkat kecerdasan matematis logis tinggi dalam pemecahan masalah probabilistik teridentifikasi berada pada level numerik untuk konstruksi ruang sampel, konstruksi peluang suatu kejadian, dan konstruksi perbandingan peluang. (2) Profil berpikir probabilistik siswa kelas IX SMP Al-Irsyad dengan tingkat kecerdasan matematis logis sedang pada konstruksi ruang sampel berada pada level pra subjektif. Pada konstruksi peluang suatu kejadian berada pada level transisional. Pada konstruksi perbandingan peluang siswa berada pada level kuantitatif informal. (3) Profil berpikir probabilistik siswa kelas IX SMP Al-Irsyad dengan tingkat kecerdasan matematis logis rendah dalam pemecahan masalah probabilistik pada konstruksi ruang sampel berada pada level pra subjektif. Pada konstruksi peluang suatu kejadian berada pada level subjektif. Pada konstruksi perbandingan peluang siswa berada pada level transisional.
Temuan lain dalam penelitian antara lain: (1) Satu siswa dengan kecerdasan matematis logis tinggi berada pada level transisional untuk konstruksi ruang sampel dan level kuantitatif informal pada konstruksi peluang suatu kejadian. (2) Satu siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang berada pada level kuantitatif informal untuk konstruksi peluang suatu kejadian dan level seminumerik dalam konstruk perbandingan peluang.

Kata Kunci : profil berpikir probabilistik, level berpikir probabilistik, pemecahan masalah probabilistik, kecerdasan matematis logis

×
Penulis Utama : Depi Puspita Arum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851608010
Tahun : 2018
Judul : Profil Berpikir Probabilistik Siswa Kelas IX SMP Al-Irsyad Surakarta dalam Pemecahan Masalah Probabilistik ditinjau dari Kecerdasan Matematis Logis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851608010-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K., M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.