Penulis Utama : Nurmiyati
NIM / NIP : K2311057
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 pada materi Teori Kinetik Gas, 2) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 pada materi Teori Kinetik Gas.
Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yang meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMAN 7 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Sumber data pada penelitian ini bersumber dari informan, tempat dan peristiwa serta dokumentasi atau arsip. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, kajian dokumen dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dalam pembelajaran Fisika pada materi Teori Kinetik Gas dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian aktivitas belajar siswa. Pada siklus I telah mengalami peningkatan tetapi semua aspek aktivitas belajar belum mencapai target keberhasilan kinerja. Pada siklus II semua aspek aktivitas belajar mengalami peningkatan dan semua aspek aktivitas belajar telah mencapai target keberhasilan. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dalam pembelajaran Fisika pada materi Teori Kinetik Gas dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata kelas dan jumlah siswa yang tuntas selama pembelajaran. Pada pembelajaran pra tindakan diperoleh data siswa yang tuntas dalam ulangan materi Fluida Dinamis sebanyak 35,71% dengan rata-rata kelas 65,54. Kemudian setelah tindakan siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 74,46 dan siswa yang tuntas sebanyak 64,29%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 79,11 dengan jumlah siswa yang tuntas mencapai 78,57%. KKM untuk kemampuan kognitif sebesar 75 dan target siswa yang tuntas sebanyak 70%.

Kata kunci : model think talk write, aktivitas belajar, kemampuan kognitif, teori kinetik gas

×
Penulis Utama : Nurmiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2311057
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model TTW (Think, Talk, Write) untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Aktivitas Belajar Siswa Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI Mia 2 SMAN 7 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Pendidikan Fisika-K2311057-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.,
2. Drs. Yohanes Radiyono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.