Penulis Utama : Maya Al Fattah Putriyani
NIM / NIP : K7113139
×

ASBTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan dengan menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada siswa kelas V SD Negeri Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Boyolali yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan siswa pada pratindakan sebesar 58,80 meningkat menjadi 74,21 pada siklus I dan 80,03 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan sebesar 36,36% atau 12 siswa, pada siklus I meningkat menjadi 60,61% atau 20 siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,88% atau 29 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui model Means Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan siswa kelas V SD Negeri Boyolali tahun ajaran 2016 / 2017.
Kata kunci: model Means Ends Analysis (MEA), kemampuan, soal cerita pecahan

 

×
Penulis Utama : Maya Al Fattah Putriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113139
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Means Ends Analysis (Mea) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017) c
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7113139-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Kamsiyati, M. Pd.,
2. Dra. Siti Istiyati, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.