Penulis Utama : Intan Khoiriyah
NIM / NIP : K4213043
×

ABSTRAK

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menulis paragraf aksara Jawa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan media Word Wall pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kismantoro tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kismantoro tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dan deskriptif intertif, yang terdiri dari tiga alur yaitu, (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penyimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan media Word Wall dalam pembelajaran menulis paragraf aksara Jawa dapat meningkatakan kualitas proses dan kualitas hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan kualitas dengan proses belajar siklus I sebesar 62,5% dan siklus II menjadi 84,375% siswa mencapai nilai dengan kategori baik dan amat baik. Peningkatan pada keterampilan menulis paragraf aksara Jawa ketika pratindakan 28,1%, kemudian menjadi 56,2% pada siklus I, dan meningkat pada siklus II menjadi 84,3%.

Kata kunci : model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD), media Word Wall, keterampilan menulis paragraf aksara Jawa.  

 

×
Penulis Utama : Intan Khoiriyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213043
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Aksara Jawa Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (Stad) dengan Media Word Wall pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kismantoro Tahun Ajaran 2016/2017.
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Jawa- K4213043-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum
2. Astiana Ajeng R., S.Pd., M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.