Penulis Utama : Normansyah Imam Ramadhan
NIM / NIP : K3211046
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : bagaimana prosedur dan cara menerapkan model pembelajaran problem based learning yang dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menggambar ragam hias pada mata  pelajaran  seni budaya  semester  genap  kelas  XI  IIS  5  SMA  N  1  Teras Boyolali tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IIS 5 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 peserta didik dan Hartati, S.Pd. selaku guru mata pelajaran seni budaya di SMA N 1 Teras Boyolali pada tahun 2015/2016 sebagai kolaborator dengan  peneliti.  Penelitian  tindakan  kelas  ini  dilaksanakan  pada  bulan  April sampai Mei dengan dua kali siklus. Setiap siklus mencakup empat tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Penelitan ini menggunakan analisis data teknik statistik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan kegiatan: 1) Pemberian konsep dasar, 2) Pendefinisian masalah, 3) Pembelajaran Mandiri, 4) Pertukaran pengetahuan, 5) Penilaian dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menggambar ragam hias pada mata pelajaran seni budaya semester genap kelas XI IIS 5 SMA N 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2015/2016. Pencapaian peningkatan berdasarkan indikator ketercapaian yaitu: 1) Keterampilan sosial peserta didik selama  proses  pembelajaran  menggambar  ragam  hias  pada  siklus  I mencapai 100%, siklus II 100%. 2) Keterampilan peserta didik dalam berkarya menggambar ragam hias pada siklus I mencapai 63,3%, siklus II meningkat menjadi 100%. 3) Keterampilan peserta didik dalam menganalisis dan memecahkan masalah pada siklus I mencapai 80%, siklus II meningkat menjadi 100%.

Kata kunci: problem based learning, keterampilan, menggambar, ragam hias.

×
Penulis Utama : Normansyah Imam Ramadhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3211046
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik dalam Menggambar Ragam Hias pada Mata Pelajaran Seni Budaya Semester Genap Kelas Xi Iis 5 Sma Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Pendidikan Seni Rupa-K3211046-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Edy Tri Sulistyo, M.Pd.
2. Lili Hartono, S.Sn, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.