Penulis Utama : Mawarning Stiara
NIM / NIP : K6413042
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran Listening Team terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa di SMP Negeri Prembun (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Prembun tahun ajaran 2016/2017).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain yang digunakan yaitu true experimental design dengan model posstest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Prembun yang berjumlah 218 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan teknik cluster random sampling (area sampling) dan terpilihlah dua kelompok sampel yaitu kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil angket kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas eksperimen yaitu 101,906 dan kelas kontrol 89,406. Apabila dikonversi ke skala 0-100 maka rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat kelas eksperimen sebesar 79,614 dan kelas kontrol sebesar 69,848. Hasil uji t dengan taraf sigifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel atau atau 6,917 > 1,998 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat berbedaan kemampuan mengemukakan pendapat siswa  kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Listening Team terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa di SMP Negeri 2 Prembun (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Prembun tahun ajaran 2016/2017). Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rerata kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Listening Team lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.


Kata kunci: Listening Team, Kemampuan Mengemukakan Pendapat

 

 

 

×
Penulis Utama : Mawarning Stiara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413042
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Listening Team Terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Di Smp Negeri 2 Prembun (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Prembun Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP, Jurusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, K6413042-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag, M.S.I.,
2. Dr. Winarno, S,Pd., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.