Penulis Utama : Nurhayu Ikaratri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113163
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, K7113163-2017
Subyek : DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA), KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)pada siswa kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017; (2) mendeskripsikan langkah-langkah strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah ssiwa kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, pedoman wawancara dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verification. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) membuat prediksi dari petunjuk judul, (b) membuat prediksi dari petunjuk gambar, (c) membaca bahan bacaan (dalam hati), dan (d) menilai ketepatan prediksi dan menyesuaikan prediksi; (2) penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Hal itu dibuktikan dengan perolehan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 52,63%, pada siklus II meningkat menjadi 78,95?n pada siklus III meningkat menjadi 86,84%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Kata Kunci: Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Keterampilan Membaca Intensif

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
NURHAYU IKARATRI.pdf
Cover BR.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M. Si.,
2. Dr. Hartono, M. Hum.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP