Penulis Utama : Tri Wiratna
NIM / NIP : S031502020
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Negeri 04 Palur, Mojolaban, Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016 melalui pengggunaan media boneka tangan dan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif, dengan langkah-langkah antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan melalui metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas V. Hal ini terbukti dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70 diperoleh nilai rata-rata keterampilan berbicara sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 63,47 dengan ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata mencapai 69,26 dengan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 60%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 74,8 dengan ketuntasan klasikal menjadi 80%. Pada siklus III nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 80,93 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%.
 Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media boneka tangan melalui metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Negeri 04 Palur, Mojolaban, Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016

 

×
Penulis Utama : Tri Wiratna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031502020
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Media Boneka Tangan Melalui Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V SDN 04 Palur, Mojolaban, Sukoharjo, Tahun Ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister PGSD-S031502020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti S.Fadhilah, M.Pd
2. Dr. Triyanto, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.