Penulis Utama : Alvin Riza Subakti
NIM / NIP : E0013042
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemeriksaan perlawanan terhadap lelang eksekusi Hak Tanggungan serta menganalisis kesesuaian pertimbangan Hakim dalam menolak perlawanan terhadap lelang eksekusi Hak Tanggungan dalam Putusan Nomor: 326/Pdt/2015/PT.Smg dengan peraturan perundang – undangan.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Sumber bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan atau studi dokumen. Kajian utama dalam penelitian ini adalah Putusan Nomor 326/Pdt/2015/PT.Smg. Teknik analisi yang digunakan adalah induktif silogisme.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa proses pemeriksaan perlawanan terhadap lelang eksekusi Hak Tanggungan sama dengan proses permeriksaan perkara perdata biasa lainnya, yaitu berawal dari gugatan yang didaftarkan ke Kepaniteraan Pengadilan Negeri, dicatat dan diberi nomor perkara, kemudian diteruskan kepada Ketua Pengadilan, selanjutnya dilakukan penetapan Majelis Hakim dan penetapan hari sidang, kemudain masuk ke acara persidangan. Acara persidangan diawali dengan proses mediasi terlebih dahulu, setelah itu pembacaan gugatan perlawanan, kemudian adanya jawaban gugatan dari pihak Terlawan, dilanjutkan dengan Replik dan Duplik, pembuktian, kesimpulan, rapat musyawarah Majelis Hakim, dan tahap terakhir adalah Putusan Hakim. Hasil penelitian dan pembahasan selanjutnya menunjukkan pertimbangan Hakim dalam memberi putusan menolak gugatan perlawanan tersebut telah sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Herzien Inlandsch Reglement (HIR)..

Kata Kunci: Perlawanan, Lelang Eksekusi Hak Tanggungan, Petimbangan Hakim.

 

×
Penulis Utama : Alvin Riza Subakti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013042
Tahun : 2017
Judul : Analisis Upaya Perlawanan Terhadap Lelang Eksekusi Hak Tanggungan dalam Perkara Perdata (Studi Putusan Nomor: 326/PDT/2015/PT.SMG)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Hukum-E0013042-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Zakki Adlhiyati, S.H., M.H., L.LM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.