Penulis Utama : Candra Tri Yulianto
NIM / NIP : K4612035
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bolavoli menggunakan alat bantu pembelajaran padasiswa kelas V SD Negeri Mangkubumen Kulon No. 83 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Mangkubumen Kulon No. 83 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 20siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 9siswa putri. Sumber data yang diperoleh berasal dari guru, siswa, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavolidari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Dari hasil analisis diperoleh peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja dari studi awal, dari 20siswa yang mendapatkan ketuntasan 6siswa30,00% dan belum tuntas 14siswa 70,00%. Pada siklus I, hasil belajar passing bolavolisiswa mencapai 70,00% atau sebanyak 14siswa dari 20siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat mencapai 100,00% atau sebanyak 20siswa dari 20siswa telah mencapai kriteria tuntas dengan KKM 75.Pada pelaksanaan Siklus I Hasil belajar passing bolavoli sudah meningkat walaupun belum optimal.Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar passing bolavolimeningkat hingga menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavoli pada siswa kelas V SD Negeri Mangkubumen Kulon No. 83 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: hasil belajar, Bolavoli, menggunakan alat bantu pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Candra Tri Yulianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612035
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bolavoli Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Mangkubumen Kulon No.83 Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4612035-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes.,
2. Waluyo, S.Pd., M.Or.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.